JPM : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Multirepresntasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data Di Kelas VII SMPN 12 Singkawang

Rizan Alfisa (STKIP Singkawang)
Mariyam Mariyam (Unknown)
Nurul Husna (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Kemampuan multi representasi matematis siswa berperan penting dalam pembelajaran matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Facilitator And Explaining terhadap kemampuan multirepresentasi matematis siswa, ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal, dan aktivitas belajar siswa menggunakan model Student Facilitator And Explaining pada materi Penyajian Data Di Kelas Vii Smpn 12 Singkawang Penelitian ini menggunakan Desain Quasi Experimental Design dengan rancangan yang dipilih adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 12 Singkawang yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 114 siswa.Sampel diambil dengan teknik purposive sampling.Adapun jumlahnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan menunjukkan:1)  adanya perbedaan kemampuan multi representasi matematis siswa pada kelas yang menggunakan model Student Facilitator And Explaining dan yang menggunakan model pembelajaran langsung; 2)  Hasil perhitungan menunjukkan adanya perbedaan kemampuan multi representasi matematis secara signifikan pada kelas yang diajarkan dengan model Student Facilitator And Explaining dan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; 3) Analisis lembar obsservasi aktivitas belajar siswa menunjukkan aktivitas belajar siswa secara keseluruhan tergolong aktif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JPM : Jurnal Pendidikan Matematika (Journal of Mathematics Education) published by Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education in Malang Islamic University. Publish twice a year in February and August. Contains writings that are taken from the results of the ...