JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 5, No 2: Oktober 2022

Pendampingan Sekolah Binaan Tahun 2020 di Kabupaten Landak Kalimantan Barat

Wanda Giovani (Universitas Santo Agustinus Hippo)
Antonius Setyawan Sugeng Nur Agung (Universitas Santo Agustinus Hippo)
Yustina Selong (Universitas Santo Agustinus Hippo)
Efrika Siboro (Universitas Santo Agustinus Hippo)
Tuminah Tuminah (Universitas Santo Agustinus Hippo)
Jenny Barli (Universitas Santo Agustinus Hippo)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Program Sekolah Binaan adalah program khusus pendampingan pembelajaran yang diberikan kampus kepada sekolah mitra. Program ini dilaksanakan selama 1 tahun dimulai pada bulan Januari hingga bulan Desember 2020. Konsep dasar Program Sekolah Binaan adalah pemberdayaan guru seperti persiapan pengajaran, pengenalan teknologi dalam pembelajaran daring, dan evaluasi permasalahan-permasalahan pembelajaran yang terjadi di sekolah sasaran. Menggunakan metode observasi dan interview, program utama berhasil dilaksanakan yaitu pendampingan kelas daring dan workshop penyusunan perangkat pembelajaran di awal semester. Pada semester berikutnya, program difokuskan pada monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berupa Rencana Program Pembelajaran (RPP), silabus, dan penilaian teman sejawat. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa program sekolah binaan mampu memacu para guru di SMP Negeri 3 Sengah Temila untuk menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...