Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN BANGUN DATAR SEGIEMPAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA SISWA KELAS VII K SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Diah Ayu Noviani (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Ida Bagus Ketut Perdata (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar dankemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan pembelajaran Guided Discoverydalam pembelajaran segiempat di kelas VII K SMP Negeri 3 Abiansemal tahun 2017/2018.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Kurt Lewin. Data dikumpulkan menggunakan hasil belajar siswa, hasiltes siswa untuk memperoleh data kualitatif. Adapun peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dicapai sebagai berikut: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan kategori aktivitas belajarsiswa dari kategori “cukup aktif” pada siklus I meningkat menjadi “aktif” pada siklus II.; (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditunjukkan dengan persentase peningkatan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dari siklus I ke siklusII sebesar 58,2%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pemantik

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies ...