Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal tipe numerasi pada AKM konten aljabar. Hasil survei TIMSS dan PISA menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Artinya siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal matematika, khususnya soal pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode campuran untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal AKM tipe numerasi. Instrumen yang digunakan adalah soal bentuk uraian tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan indikator-indikator yaitu memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan mengecek kembali. Soal AKM tipe numerasi diujicobakan kepada 34 orang siswa kelas VIII SMP IT Khazanah Pujud tahun pelajaran 2021/2022. Data diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis tergolong rendah yaitu dengan nilai rata-rata 5,47. Kemudian hasil wawancara yang dilakukan didapat informasi bahwa siswa belum memahami tipe soal AKM komponen aljabar sehingga mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan yang diberikan.
Copyrights © 2022