Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Pembelajaran Daring pada Pelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMA Panca Setya Sintang

Andri Andri (STKIP Persada Khatulistiwa)
Linda Dwi Saputri (STKIP Melawi)
Wenseslaus Tiobala Romet (STKIP Persada Khatulistiwa)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 menghebohkan dunia yang berdampak pada sektor pendidikan, pembelajaran dipaksakan dilakukan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aplikasi apa yang digunakan SMA Panca Setya untuk pelajaran matematika selama masa pandemi covid-19, dan untuk mengetahui bagaimana strategi belajar yang diterapkan guru pelajaran matematika selama masa pandemi covid-19 di SMA Panca Setya Sintang. Pendekatan penelitian yaitu kualitatif dengan metode kualitatif deskritif, pengumpulan data dengan teknik wawancara secara tertutup dan terbuka. Wawancara tertutup memanfaatkan google form, sedangkan wawancara terbuka dilakukan kepada 3 siswa yang diambil secara acak dan guru mata pelajaran matematika. Jawaban dari google form di konfirmasi dan dikembangkan melalui wawancara mendalam, hasil yang didapatkan dianalisis secara deskritif. Adapun hasil yang ditemukan yaitu: Aplikasi yang digunakan SMA Panca Setya Sintang selama pandemi pada mata pelajaran matematika adalah whatsapp, google meet, zoom meeting, youtube dan google classroom. Strategi guru dalam pembelajaran matematika adalah monoton dengan satu metode dan tidak kreatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...