Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Problem Based Learning Pada Materi SPLTV Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Rini Dian Anggraini (Universitas Riau)
Atma Murni (Universitas Riau)
Tiara Gunawan (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2022

Abstract

Tujuan adanya penelitian ini yaitu penelitian pengembangan untuk menghasilkan sebuah produk berupa Silabus, RPP, dan LKPD pada materi system persamaan linear tiga variable yang telah dinyatakan valid dan praktis. Pentingnya perangkat pembelajaran yang mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menjadi latar belakang dari terbentuknya penelitian ini. Pengembangan yang akan dilakukan ini akan menggunakan model 4D yang meliputi 4 tahap yakni mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebar luaskan. Pengembangan perangkat pembelajaran yang sudah dilakukan akan divalidasi oleh 3 orang validator dan direvisi sesuai dengan saran validator. Mean hasil validasi Silabus, RPP, dan LKPD masing-masing yaitu 3,85 ; 3,87 ; dan 3,82 dengan kategorinya termasuk sangat valid. Uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 6 orang siswa dengan kemampuan variatif. Mean dari hasil uji coba kelompok kecil untuk LKPD adalah 3,38 dengan kategori sangat praktis, meliputi aspek tampilan, isi dan kemudahan penggunaan dengan skor secara terurut 3,46; 3,43; dan 3,26. Perangkat pembelajaran menggunakan Problem Based Learning dalam materi SPLTV kelas X SMA sudah termasuk dalam kategori valid dan praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...