Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 5 No. 4 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2022

Tourist loyalty dalam wisata kreatif agrowisata di kota Batu

Siti Rahayu (Universitas Surabaya)
Brian Marcellino Ezar (Universitas Surabaya)
Fitri Novika Widjaja (Universitas Surabaya)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh experience quality, perceived value, tourist satisfaction terhadap tourist loyalty agrowisata di kota Batu. Penelitian dengan metode kuantitatif ini menggunakan 5 variabel yaitu experience quality, perceived value, tourist satisfaction, tourist motivation, dan tourist loyalty. Data primer penelitian diperoleh dari partisipasi 175 responden. Pengolahan data menggunakan SPSS 24 dan AMOS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 4 hipotesis yang berpengaruh positif signifikan yaitu: experience quality berpengaruh terhadap tourist loyalty, tourist satisfaction berpengaruh terhadap tourist loyalty, experience quality berpengaruh terhadap perceived value, perceived value berpengaruh terhadap tourist satisfaction. Ada 2 hipotesis yang tidak signifikan yaitu pengaruh experience quality terhadap tourist satisfaction dan pengaruh perceived value terhadap tourist loyalty. Tourist motivation tidak memediasi experience quality terhadap tourist loyalty. Tourist motivation memediasi sempurna perceived value terhadap tourist loyalty. Tourist motivation memediasi sebagian tourist satisfaction terhadap tourist loyalty.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...