Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora
Vol. 1 No. 3 (2022): Desember : Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora (JISPENDIORA)

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Peranan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI MIPA dan XI PIPS Di SMA SWASTA KAMPUS NOMMENSEN Pematang Siantar T. A. 2021/2022

Restu Sonya Logos Sinuraya (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Sepriandison Saragih (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Marthin Fransisco Manihuruk (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua dan peranan guru terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI MIPA I dan XI PIPS I SMA Swasta Kampus Pematang Siantar yang berjumlah 67 orang. Untuk memperoleh data pola asuh orang tua dan peranan guru, peneliti menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data dan yang digunakan adalah angket tertutup disusun secara berstruktur dimana item-item pernyataan yang diikuti dengan jawaban terdiri dari empat buah pilihan. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dinilai melalui uji vadilitas dan reliabilitas. Seluruh data dari kedua variabel diatas terlebih dahulu diuji apakah berdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan uji kecocokan atau uji chi kuadrat dan ternyata kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Langkah selanjutnya adalah pengujian hipotesis dengan menghitung persamaan regresi linier yaitu : Y atas X1 adalah = 70,49 + 0,2 X1artinya bahwa antara variabel X1 linier dengan Y dan Y atas X2 adalah = 73,39 + (0,6) X2 artinya bahwa antara variabel X2 linier dengan Y serta Y atas X1 dan X2 adalah = 8,9 +0,67 X1+1,91 X2 artinya bahwa antara variabel X1 dan X2 linier dengan Y. Adapun koefisien Pengaruh yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Pengaruh antara X1 terhadap Y adalah 1,11 , (2) Pengaruh antara X2 terhadap Y adalah 0,76 , (3) Pengaruh antara X1 dan X2 terhadap Y adalah 0,87 , (4) Koefisien kontribusi Y atas X1 sebesar 54,21% , (5) Koefisien kontribusi Y atas X2 sebesar 25,41% , (6) Koefisien kontribusi X1 terhadap X2 sebesar 33,30%. Berdasarkan uji hipotesis yaitu uji signifikansi pengaruh (Uji t) dengan menolak H0 dan menerima H1, maka diperoleh : Terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Kelas XI SMA Swasta Kampus Pematang Siantar, bahwa : (Fhitung 0,77 > nilai Ftabel sebesar 0,24). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat hubungan peranan guru terhadap prestasi belajar siswa di Kelas XI SMA Swasta Kampus Pematang Siantar, bahwa: (Fhitung sebesar 3,52 > nilai Ftabel sebesar 0,24). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat hubungan pola asuh orang tua dan peranan guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di Kelas XI SMA Swasta Kampus Pematang Siantar, bahwa: (Fhitung 25,38 > nilai Ftabel sebesar 3,14). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jispendiora

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, serta menyalurkan minat berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan kepada akademisi, mahasiswa, praktisi dan pemerhati ilmu pengetahuan. Redaksi menerima artikel penelitian terkait Ilmu Sosial, Pendidikan Dan ...