Journal of Social Empowerment
Vol. 6 No. 2 (2021): Journal of Social Empowerment

Pelatihan Penyusunan RPP Berbasis TPACK menggunakan Model Blended Learning bagi Guru SD

Chumi Zahroul Fitriyah (Unknown)
Rizki Putri Wardani (Universitas Jember)
Dyah Ayu Puspitaningrum (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Pembelajaran di abad 21 yang dituntut dalam mengembangkan kemajuan teknologi dan menyesuaikan dengan kondisi saat ini salah satunya TPACK dengan menggunakan blended learning. Masih minimnya pengetahuan mengenai penyususan RPP berbasis TPACK di kalangan guru SD sehingga diperlukan suatu pelatihan mengenai hal ini. Metode yang dilakukan dengan cara ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi yang dilakukan secara daring via google meet. Pelatihan ini diikuti oleh Guru SD di wilayah Desa Prunggahan Kulon. Pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, dengan rincian hari pertama pemaparan materi mengeai RPP, TPACK, dan blended learning. Hari kedua penyusunan RPP berbasis TPACK menggunakan blended learning. Hasil dari pelatihan ini adalah dihasilkan RPP berbasis TPACK menggunakan blended learning yang nantinya bisa diterapkan di lembaga sekolah masing – masing, serta mendorong guru untuk mengaplikasikan di kegiatan pembelajaran agar efektif dan efisien

Copyrights © 2021