Journal of Social Empowerment
Vol. 2 No. 2 (2017): Journal of Social Empowerment

The Power Of Jarimatika (Melatih Kreativitas Berhitung cepat untuk Anak Sekolah Dasar)

Nely Indra Meifiani (Dosen STKIP PGRI Pacitan)
Hari Purnomo Susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2017

Abstract

Belajar matematika untuk anak Siswa Sekolah Dasar (SD) merupakan suatu proses yang tidak sederhana. Tingkat SD anak mulai mengenal dasar-dasar hitung matematika dan disitulah butuh kesabaran dan usaha yang luar biasa. Oleh karena itu guru SD harus aktif dan kreatif dalam mengemas pembelajaran di dalam kelas. Salah satunya dengan memilih alat peraga yang menarik bagi anak-anak SD. Alat peraga yang dipilih disini adalah tangan anak-anak sendiri. Kemudian anak-anak dikenalkan dengan JARIMATIKA. Alasan penulis melakukan pengabdian ini adalah berdasarkan hasil observasi di SD Pringkuku 3 sebagian besar anak-anak lemah dalam hitung perkalian dan mereka sebagian besar belum mengenal berhitung dengan JARIMATIKA. Maka dari itu kami akan berusaha melatih anak-anak tersebut untuk bisa melakukan hitung cepat dan tepat dengan menggunakan jari-jari tangan mereka. Hasil pengabdian ini adalah Anak-anak sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan JARIMATIKA. JARIMATIKA telah meningkatkan hasil belajar siswa klas 3 SD Negeri Sirnoboyo 1 Pacitan

Copyrights © 2017