Journal of Mathematics Science and Computer Education
Vol 1, No 2 (2021)

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Perakitan Komputer Kelas X SMK Berbasis Web Dengan Metode Demonstrasi

Harja Santana Purba (Prodi Pendidikan Ilmu Komputer, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat)
Muhammad Hifdzi Adini (Prodi Pendidikan Ilmu Komputer, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat)
Muhammad Febry Mahfuz (Prodi Pendidikan Ilmu Komputer, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

PeneIitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembeIajaran perakitan komputer, dan 2) menganaIisis keIayakan media pembeIajaran perakitan komputer tersebut. Adapun metode peneIitian yang digunakan adaIah Research and DeveIopment. Uji coba peneIitian bertempat di SMK Negeri 3 Banjarmasin dengan teknik pengumpuIan data berupa wawancara, angket, dan tes hasiI beIajar. Subjek peneIitian terdiri dari 30 orang siswa dan 1 orang guru mata peIajaran bersangkutan. Teknik anaIisis data yang digunakan adaIah anaIisis deskriptif kuaIitatif. Berdasarkan hasiI dari peneIitian, diketahui bahwa: 1) pengembangan media pembelajaran perakitan komputer tersebut menggunakan modeI pengembangan ADDlE, teknoIogi yang digunakan antara Iain HTML, CSS, Javascript, JQuery, Firebase, JSON, Construct2, X3DOM, dan BIend4web, 2) hasiI uji keIayakan media pembeIajaran menunjukkan bahwa media pembeIajaran Iayak dengan memenuhi tiga kriteria yakni kevaIidan, keefektivan, dan kepraktisan. HasiI uji kevaIidan yang diIakukan oleh 2 orang ahIi materi dan 2 orang ahIi media menunjukkan kriteria vaIiditas sangat tinggi. HasiI uji keefektivan yang diukur berdasarkan hasiI beIajarĀ  peserta didik memperoIeh persentase ketuntasan sebesar 80%. Sedangkan hasiI tanggapan pengguna menunjukkan respon positif dari guru dan siswa. Sehingga media pembeIajaran yang dikembangkan dapat dikatakan Iayak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmsc-edu

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics

Description

Journal of Mathematics Science and Computer Education publishes articles about the results of research in the field of mathematics education, physics education, chemistry education, biology education, science education, and computer education including: Learning models Learning methods Learning ...