Jurnal Kreativitas PKM
Vol 5, No 9 (2022): Volume 5 No 9 September 2022

Pelatihan Empati untuk Meningkatkan Kerjasama pada Siswa Sma di Bandar Lampung

Asri Mutiara Putri (universitas malahayati)
Octa Reni Setiawati (Universitas Malahayati)
Dewi Lutfianawati (Universitas Malahayati)
Diah Ayu Nurjanah (Universitas Malahayati)
Intan Rahmawati (Universitas Malahayati)
Mia Rosalina (Universitas Malahayati)
Nailul Laila Az Zahra (Universitas Malahayati)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

ABSTRAK Siswa SMA membutuhkan keterampilan kerjasama untuk memaksimalkan proses belajar maupun berorganisasi di luar sekolah. Salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan dalam kerjasama adalah empati. Berdasarkan tinjauan literatur dan penggalian data di lapangan, kemampuan kerjasama siswa SMA yang dirasa masih kurang terkait dengan empati. Oleh karena itu dalam program pengabdian masyarakat kali ini akan dilaksanakan kegiatan pelatihan untuk membangun kemampuan kerjasama dengan fokus pada pengembangan empati. Pelatihan yang dilakukan akan memberikan pengalaman dan kesempatan bagi siswa untuk memperoleh wawasan serta mempraktekan langsung keterampilan yang dapat membangun empati dan kerjasama. Peserta kegiatan ini adalah 20 siswa SMA di Bandar Lampung. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan pelatihan yang diberikan efektif dalam meningkatkan empati dalam diri siswa sebagai salah satu aspek penting dalam keterampilan kerjasama. Hal ini terlihat dari adanya perubahan perilaku peserta sesuai dengan target yang ditetapkan di setiap sesi pelatihan. Kegiatan pengabdian seperti ini dapat di lakukan secara rutin pada cakupan peserta yang lebih luas. Materi pelatihan juga dapat dimaksimalkan pada keterampilan lain yang juga dibutuhkan peserta untuk mengembangkan kerjasama, mengingat pentingnya keterampilan kerjasama untuk dimililiki siswa SMA. Kata kunci: Empati, Kerjasama, Pelatihan, Siswa SMA  ABSTRACT High school students need teamwork skills to maximize the learning process and to organize outside of school. One important aspect that needs to be developed in teamwork is empathy. Based on the literature review and data collection in the field, the teamwork ability that still lact in high school is empathy. Therefore, in thin community service program, training activities will be carried out to build empathy in teamwork skills. The training will provide experience and opportunities for students to gain insight and practice skills that can build empathy and teamwork. The participants of this activity were 20 high school students in Bandar Lampung. Based on the implementation of the training program, it can be concluded that the training is effective in improving empathy in students as an important aspect of teamwork skills. This can be seen from the changes in participant behavior in accordance with the target set in each training session. Activities like this can be carried out routinely for a wider range of participants to develop teamwork skills, given the importance of teamwork skills for high school students. Keywords: Empathy, Teamwork, High School Students, Training

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kreativitas

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengaplikasian hasil penelitian dan ilmu-ilmu di bidang kesehatan yang dilakukan pada masyarakat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada ...