Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS V SDN 13 LAKUDO

Satria Damayanti (Universitas Halu Oleo)
Nana Sumarna (Universitas Halu Oleo)
Muhammad Yasin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 13 Lakudo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian berbentuk One Group Pretest-Posttest.  Data kuantitatif diperoleh melalui hasil pretest-posttest yang disusun berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil dengan menggunakan uji t diperoleh nilai  yaitu 11.959  dan nilai  pada taraf signifikansi 5% dengan df (degree of freedom) atau derajat kebebasan = 17, = 2.110. Sehingga >  atau (11.485>2.101) dan nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05, maka  ditolak dan  diterima. dapat disimpulkan bahwa dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning  terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Negeri 13 Lakudo.Kata Kunci : IPA; problem based learning; kemampuan berpikir kritis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...