Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4, No 2 (2022): JULI

Pengembangan Media Audio Visual untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi

Yuyun Setiawan Putra (Universitas Sriwijaya)
Mulyadi Eko Purnomo (Universitas Sriwijaya)
Suhardi Mukmin (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam yang sesuai dengan media pengembangan; 2) mendeskripsikan hasil validasi media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam; 3) mendeskripsikan hasil menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam setelah diterapkan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah penelitian pengembangan atau research and development. Hasil penelitian menyatakan bahwa rancangan media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam yang telah direkomendasikan oleh para ahli adalah layak untuk di uji cobakan. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli kebahasaan pada produk pengembangan media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam setelah diterapkan media audio visual mengalami peningkatan dengan kriteria sangat efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

disastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, linguistik, pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, literasi, serta pengajaran BIPA. ...