MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SMAN 1 BRANDAN BARAT

Rospita Hutasoit (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan)
Lena Rosdiana Pangaribuan (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan)
Ruth Mayasari Simanjuntak (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi Barisan Aritmatika IPA SMAN 1 Brandan Barat. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment . Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Brandan Barat yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun karena situasi Covid-19 maka hanya 15 orang dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Samplingmaka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 3. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata = 78. Pada kelas kontrol kemampuan untuk berpikir kritis memiliki nilai rata-rata = 46. Dengan memperhatikan nilai Asymp. Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat dikatakan ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation(GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Barisan Aritmatika Kelas XI IPA SMAN 1 Brandan Barat. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat dikatakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) memberikan pengaruh lebih dari pembelajaran konvensional terhadap materi Barisan Aritmatika Kelas XI IPA SMAN 1 Brandan Barat. Kata Kunci : Pembelajaran GI dan Pemikiran Kritis,

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...