RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 1 (2022)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS

Lailan Nahari Maha (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Halimah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rusydi Ananda (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalis prosedur pengembangan modul pembelajaran Al-Quran Hadits, (2) menganalisis kelayakan modul pembelajaran Al-Quran Hadits, dan (3) menganalisis efektivitas modul pembelajaran Al-Quran Hadits. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Dairi dengan subjek sasaran adalah siswa kelas VII. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi dan lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data untuk melihat kelayakan modul adalah analisis deskriptif sednagkan untuk melihat tingkat efektif digunakan analisis statistik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penilaian kelayakan ahli dari ahli bahasa diperoleh dengan rata-rata nilai 3,38. Dan dari penilaian ahli materi diperoleh nilai 85 dengan rata-rata 3,67. Sesuai dengan skor validasi 2.6 ? SV? 3.5 tersebut termasuk pada interpretasi “ baik, dapat digunakan tetapi sedikit revisi. Selanjutnyan keefektifan modul diliha dari adanya perbedaaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada saat pretest dan posttest. Rata-rata nilai yang diperoleh pada saat pretest yaitu 68,1% sedangkan pada saat posttest rata-rata nilai yang diperoleh oleh 29 siswa adalah 88,1%. Dengan demikian persentasi nilai hasil belajar siswa dari pretest ke posttests meningkat sebanyak 20%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...