Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 4 No. 2 (2022): Oktober 2022

Systematic Literature Review : Koneksi Matematika dan Kemandirian Belajar

Khomsatun DN (universitas negeri semarang)
Mohammad Asikin (Unknown)
Sugiman Sugiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2022

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika adalah menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan nyata dengan menggunakan kemampuan matematika. Kemampuan koneksi matematika diperlukan karena matematika tidak terbagi dalam topik terpisah, melainkan satu kesatuan. Kemandirian belajar merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar matematika. Tujuan penelitian adalah menyusun indikator koneksi matematika dan kemandirian belajar, hubungan koneksi matematika dengan kemandirian belajar serta bentuk pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan koneksi matematika dan kemandirian belajar. Metode penelitian menggunakan systematic literature review (slr) yaitu mengidentifikasi, mengkaji dan menafsirkan penelitian yang ada. Penelitian menggunakan 30 artikel terdiri dari 17 artikel koneksi matematika, 6 artikel kemandirian belajar dan 7 artikel koneksi matematika dan kemandirian belajar. Artikel diperoleh dari google scholar, scimago journal rank dan publish or perish dengan kata kunci koneksi matematika dan kemandirian belajar pada rentang tahun 2013 sampai dengan tahun 2022. Hasil penelitian memperoleh: (1) indikator koneksi matematika; (2) indikator kemandirian belajar; (3) pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan koneksi matematika; (4) karakteristik pembelajaran untuk meningkatkan koneksi matematika dan kemandirian belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...