Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 5, No 2 (2022): September 2022

PROFIL KUALITAS PERTANYAAN MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM KONTEKS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Raja Novi Ariska (Universitas Samudra)
Dini Fitria (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2022

Abstract

Kelas Biologi yang baik selalu dimulai dari pertanyaan yang membangkitkan rasa ingin tahu dan menstimulasi siswa berpikir, oleh karena itu kemampuan mengajukan pertanyaan yang berkualitas adalah elemen yang wajib dikuasai oleh seorang pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnostik profil kualitas pertanyaan mahasiswa calon guru Pendidikan Biologi Universitas Samudra dalam konteks High Order Thinking Skills (HOTS) sehingga dapat memberi masukan bagi perbaikan dan peningkatan keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru, khususnya keterampilan bertanya. Subjek penelitian terdiri dari 48 mahasiswa  yang mengambil mata kuliah Bioteknologi di semester 4 dan belum mendapatkan mata kuliah microteaching. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.  Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mahasiswa calon guru dalam mata kuliah Bioteknologi yang berjumlah  164 pertanyaan. Analisis data kualitas pertanyaan menggunakan instrument matriks taksonomi Bloom edisi revisi Anderson dan Karthwohl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% pertanyaan masih berada dalam level Low Order Thinking Skills (LOTS) dengan akumulasi C1 26%, C2 38%, dan C3 16%. Sementara 20% pertanyaan tergolong dalam High Order Thinking Skills (HOTS) dengan akumulasi C4 19% dan C5 1%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pertanyaan mahasiswa calon guru masih berada pada level berpikir tingkat rendah 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...