Jurnal Bahasa Jepang Taiyou
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Taiyou

Tracer Study Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UHAMKA 2022

Rita Agustina Karnawati (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Ayu Putri Seruni (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Yuni Masrokhah (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Nia Septiany (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Implementasi kebijakan MBKM dibutuhkan adanya kolaborasi dan kerja sama dengan mitra ataupun pihak lain yang berkaitan dengan bidang keilmuannya dan turut serta dalam mendukung capaian pembelajaran yang diinginkan. Hal ini membutuhkan pengembangan kurikulum yang dilakukan program studi untuk menyesuaikan kompetensi lulusan dengan dunia industri. Oleh karena itu, mengevaluasi kompetensi lulusan yang ada di lapangan pekerjaan dapat membantu proses pengembangan kurikulum melalui tracer study. Tracer study merupakan studi pelacakan terkait data diri alumni mengenai penyerapan proses pembelajaran, layanan pendidikan program studi, perjalanan pada dunia kerja hingga waktu survei dilaksanakan. Hasil kegiatan itu akan digunakan untuk mengevalusi program studi dari proses pendidikan, layanan pendidikan dari dosen, materi, tenaga kependidikan, kompetensi lulusan, sarana yang menunjang akreditasi program studi. Pelaksanaan tracer study memiliki 3 tahapan, yaitu pengembangan konsep dan instrumen sesuai dengan tracer study kemendikbud, kemudian pengumpulan data yang disebarkan kepada alumni secara online, serta menganalisis data berdasarkan aspek-aspek yang ditelusuri dan penulisan laporan. Kegiatan ini akan dilaksanakan April sampai Agustus 2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

taiyou

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Bahasa Jepang Taiyou will publish a selected paper under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). The publication policies of the Journal meet the normal requirements for Open Access. which means that all content is freely available at no cost with the use of his / ...