Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 4 (2022)

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP CALON GURU SEKOLAH DASAR PADA KONSEP PENCERNAAN

Andayani Andayani (Universitas Terbuka)
Rif'at Shafwatul Anam (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka, Tangerang, Indonesia)
Monika Handayani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka, Tangerang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pemahaman dari calon guru Sekolah Dasar (SD) mengenai konsep pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tipe survei yang diberikan kepada 105 calon guru SD. Instrumen yang disebarkan dalam penelitian ini dilakukan secara online berbentuk pilihan ganda yang berkaitan dengan konsep pencernaan dan kuesioner terkait dengan pengalaman belajar mereka mengenai konsep pencernaan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pada umumnya jawaban yang diberikan oleh calon guru belum sesuai dengan harapan hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata jawaban benar adalah sebesar 45.12% yang termasuk ke dalam kategori “Kurang”. Selain itu pengalaman belajar mengenai konsep pencernaan dari responden sebagian besar bersumber dari buku yang kurang interaktif, visualisasi, dan pengemasan konsep yang dianggap belum sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa perlunya sebuah pengembangan bahan/media ajar yang dapat memudahkan guru dalam memahami konsep pencernaan. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media Augmented Reality (AR), Media tersebut adalah Augmented Reality (AR), media ini merupakan kombinasi dari teknologi yang dapat menghadirkan konten yang dipelajari pada gadget di atas lingkungan dunia nyata. Selain itu dalam pembuatannya diperlukan diperhatikan aspek pedagoginya agar konsep yang diberikan dalam media ini mudah untuk dipelajari oleh pengguna.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...