Wahana Didaktika
Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

Strategi Pembelajaran PQ4R: Pengembangan Buku Strategi Membaca Siswa Sekolah Dasar Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter

Alpin Herman Saputra (Universitas Terbuka)
Mustika Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan dasar berbahasa yang perlu di miliki oleh masyarakat terutama bagi peserta didik, tidak hanya sebagai salah satu cara tersampaikannya informasi melainkan proses metakognitif yang bisa menjadi kebiasaan dan karakter individu. Tujuan dari artikel ini adalah mendeskripsikan salah satu strategi pembelajaran membaca bagi siswa di sekolah dasar dalam rangka pengembangan pembuatan buku strategi membaca siswa sekolah dasar berbasis penguatan Pendidikan karakter. PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) merupakan salah satu strategi membaca yang efektif digunakan oleh guru untuk proses pembelajaran di kelas dengan tujuan selain memahami isi bacaan, memberi kesempatan siswa berpikir kritis dan kreatif dengan membiasakan menemukan masalah dan solusi sendiri. Selain karakter pembelajar yang didapatkan oleh siswa pembiasaan belajar mandiri menjadi salah satu ciri dari strategi PQ4R. Penerapan PQ4R juga memberikan kesempatan kepada kita untuk mengingat informasi itu dalam jangka waktu yang lebih lama daripada membaca yang biasa kita lakukan. Dengan demikian, membaca dengan menggunakan model ini berarti menghemat waktu dan tenaga guna memahami informasi penting yang kita butuhkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...