Wahana Didaktika
Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

Cerita Bergambar Berbasis Dilema Moral Dan Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar

Alpin Herman Saputra (Universitas Terbuka)
Teguh Teguh (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2022

Abstract

Banyak bahan bacaan yang tersedia untuk siswa sekolah dasar tetapi cenderung mewariskan nilai moral dan kurang memperhatikan perkembangan moral. Cerita bergambar berbasis pertimbangan moral bersifat konstruktif dalam kata lain tidak hanya mewariskan nilai moral tetapi juga mengembangkan nilai moral tersebut dengan bernalar. Cerita bergambar berbasis pertimbangan moral perlu diimbangi dengan kultur budaya Indonesia yang beragam guna memberikan pemahaman yang sesuai dengan karakteristik siswa Indonesia di berbagai daerah yang memiliki kearifan lokal, sehingga perlu peninjauan lebih lanjut mengenai pengembangan cerita bergambar berbasis pertimbangan moral dan kearifan lokal. Menghasilkan siswa yang memiliki kematangan pertimbangan moral dan juga tetap menjunjung nilai kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode D&D tipe ADDIE. Hasilnya pengembangan cerita bergambar berbasis dilema moral dan kearifan lokal diperoleh naskah-naskah cerita dan ilustrasi gambar yang sesuai dengan karakteristik dan kognitif siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...