Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat
Vol 3, No 2 (2022): Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat

PELATIHAN PEMASARAN DARING “DIGITAL MARKETING” PADA UMKM DI DESA CITALI KABUPATEN SUMEDANG

BUDI SUJATMIKO (Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran)
Noormarina Indraswari (Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran)
Trianing Tyas Anggaeni (Fakultas Kedokteran Hewan -Universitas Padjadjaran)
Okta Wismandanu (Fakultas Kedokteran Hewan -Universitas Padjadjaran)
Samson CMS (Fakultas Ilmu Komunikasi - Univeristas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Pemasaran daring atau “Digital Marketing” adalah salah satu metode pemasaran yang sedang berkembang saat ini. Penguasaan teknologi ini dapat meningkatkan omset dan penjualan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lebih luas lagi. Namun, baru sedikit UMKM di desa Citali yang dapat menggunakannya. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih para UMKM di desa Citali agar mampu memasarkan produknya secara daring menggunakan pasar digital “Marketplace” popular untuk memperluas pemasaran produk. Metode yang digunakan dalam pelatiahan ini adalah pemaparan dan simulasi. Hasil evaluasi menunjukan bahwa pelaku UMKM sangat antusias dan mempunyai kesan yang positif dengan kegiatan ini, serta berkeinginan segera mempraktekkannya. Seluruh UMKM berhasil didaftarkan pada “marketplace” bukalapak pada akhir pelatihan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sawala

Publisher

Subject

Religion Arts Social Sciences

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal ini berkaitan dengan: Isu-isu mengenai Pembangunan Masyarakat Ekonomi Kreatif Pembangunan Partisipatif Aktualisasi Kearifan dan Budaya Lokal Isu-isu mengenai Perubahan dan Perkembangan Kebudayaan Pemetaan dan Evaluasi Kebijakan Kebudayaan Kajian Pembangunan Budaya di ...