Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model mind mapping dan media gambar dalam pembelajaran menulis teks eklspanasi, juga menjelaskan tentang masalah yang dihadapi serta solusi dari masalah yang muncul untuk siswa kelas VI SDN Bendo 1 Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah informan, kejadian, dan dokumen, dengan teknik oengambilan data berupa wawancara, pengamatan dan dokumentasi.Validitas penelitian ini dengan teknik metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berjalan cukup baik walau ada kandala terkait durasi. Para peserta didik sangat menikmati pembelajaran, dan mampu menyusun teks eksplanasi sesuai struktur teks walaupun mereka masih lemah dalam mengungkapkan ide/gagasan. Kurang mampu mengungkapkan ide dengan kalimat efektif yang menerapkan kosakata baku dan kaidah berbahasa Indonesia secara tertulis menjadi masalah yang muncul. Solusi darin kelemahan peserta didik adalah guru ke memberi penjelasan berulang dan mempertegas kembali penerapan model mind mapping dan gambar. Tambahan kegiatan dan tugas proyek menulis atau ekstra kurikuler jurnalis juga dapat dijadikan solusi dalam mengembangkan pembelajaran menulis bahasa Indonesia
Copyrights © 2022