Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang merujuk pada Kemmis dan Mc Taggart dengan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Baik Siklus I ataupun II, keduanya dilaksanakan dengan masing-masing tiga pertemuan di tiap siklusnya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Perkuliahan, Lembar Kerja Siswa, Instrument tes, dan Lembar Observasi Aktivitas Mahasiswa. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa setelah diterapkannya Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan setiap indicator kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dari Pretest, Siklus I, dan juga Siklus II.
Copyrights © 2022