JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Siswa Kelas 5 SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang

Irmawati, Farizha (Unknown)
Ilmah, Nur Khozanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Melalui program Kampus Mengajar ini Kemendikbudristek memberi kesempatan pada mahasiswa dari berbagai jurusan dan program studi untuk mendarmabaktikan kecakapan serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu meningkatkan kemampuan literasi numerasi di jenjang SD dan SMP. Pada penelitian ini, peneliti memberikan lembar kerja (tes mengerjakan soal cerita) untuk melihat kemampuan literasi numerasi siswa. Setelah itu, peneliti juga melakukan wawancara pada guru kelas untuk mengecek keabsahan data dan sebagai salah satu bahan kajian dalam menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa kelas 5 SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang. Instrumen tes yang diberikan berupa soal cerita yang berupa 10 soal pilihan ganda dan 5 soal esai dengan standar soal PISA Berdasarkan data yang telah diperoleh dari 23 siswa yang menjadi subjek penelitian, diperoleh tiga kategori tingkatan literasi numerasi. Ketiga tingkatan tersebut terdiri atas (1) rendah, (2) menengah, dan (3) tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...