BHAKTI PERSADA Jurnal Aplikasi IPTEKS (Journal of Applied Sciences and Technology)
Vol. 8 No. 2 (2022): Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS

Peran Penting Kemasan dalam Meningkatkan Persepsi Kualitas Produk Makanan

Adila Sosianika (Politeknik Negeri Bandung, Indonesia)
Arie Indra Gunawan (Politeknik Negeri Bandung, Indonesia)
Moh Farid Najib (Politeknik Negeri Bandung, Indonesia)
Fatya Alty Amalia (Politeknik Negeri Bandung, Indonesia)
Widi Senalasari (Politeknik Negeri Bandung, Indonesia)
Rafiati Kania (Politeknik Negeri Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2022

Abstract

Bisnis kuliner sebagai suvenir di Bandung saat ini telah berkembang, namun demikian secara umum mereka belum mampu menyajikan produk kuliner sebagai suvenir yang berkualitas. Hasil studi sebelumnya juga mengindikasikan bahwa aspek kemasan, penjualan, promosi serta kualitas layanan masih perlu penanganan secara serius karena belum dipersepsikan sebagai suatu yang baik. Perbaikan akan hal tersebut mendesak karena, dari sisi turis, kualitas produk, tampilan kemasan, dan bagaimana produk kuliner tersebut dijual merupakan aspek yang sangat penting dalam proses pembelian suvenir. Studi ini bertujuan untuk turut serta dalam menumbuhkembangkan bisnis kuliner bagi UKM di kota Bandung, khususnya untuk memahami dan menganalisis bagaimana dampak desain visual kemasan terhadap kualitas produk makanan. Produk oleh-oleh makanan Bandung menjadi objek penelitian ini karena produk oleh-oleh makanan dianggap sebagai produk low-involvement yang sering dibeli dan dipengaruhi oleh desain visual kemasan. Studi ini dirancang untuk memahami  dan menganalisis pentingnya desain kemasan visual dalam mempengaruhi kualitas produk oleh-oleh makanan Bandung. Untuk mencapai tujuan tersebut, sudi ini difokuskan pada usaha produk oleh-oleh makanan UKM dengan menggunakan pendekatan eksploratif dan deskriptif. Metode purposive sampling digunakan  dalam penelitian dengan menentukan kriteria responden adalah wisatawan yang baru saja berbelanja oleh-oleh khas Bandung. Selanjutnya, data dari 200 responden dianalisis menggunakan metode deskriptif statistik dan multivariate. Hasil studi menunjukkan bahwa persepsi wisatawan terhadap desain visual kemasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas suvenir makanan Bandung. Hal ini menunjukkan bahwa penting bagi pengusaha produk oleh-oleh makanan untuk membuat de-sain kemasan yang sesuai dengan harapan konsumen agar kualitas produk juga dapat dinilai dengan baik oleh konsumen.

Copyrights © 2022