QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 13, No 2 (2022): Oktober 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA

Suci Nanda (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Fathul Zannah (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Agung Riadin (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2022

Abstract

Salah satu masalah pendidikan yang ada pada saat ini yaitu pada proses pembelajaran yang hanya menekankan peserta didik untuk menghafal berbagai informasi tanpa bisa mengaitkannya dengan kehidupan sehari – hari. Melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing, peserta didik dapat mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik secara seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDN 1 Panarung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pretest – posttest control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 1 Panarung dengan taraf signifikan  < 0,05 atau 0,007 < 0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...