QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 13, No 1 (2022): April 2022

PREFERENSI KEBUTUHAN BAHAN AJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA KELOMPOK MATAKULIAH BIDANG TUMBUHAN

Aidil Adhani (Universitas Borneo Tarakan)
Muhammad Rivaldi (Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2022

Abstract

Bahan ajar merupakan segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam memperoleh informasi dan tersusun secara sistematis. Bahan ajar dapat membantu mahasiswa dalam mencapai kompetensi suatu materi pembelajaran, ternasuk materi pada kelompok matakuliah bidang tumbuhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui preferensi kebutuhan bahan ajar mahasiswa biologi pada kelompok matakuliah bidang tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualititaif dengan metode survei. pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar wawancara dan angket. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Preferensi kebutuhan bahan ajar mahasiswa biologi yang diperoleh berdasarkan hasil analisis data yaitu handout dengan persentase 42,6% dan modul 33,3% dari total mahasiswa yang memberi jawaban. Selebihnya menjawab video animasi, multimedia, dan komik. Handout dan modul sebagai preferensi bahan ajar utama yang diharapkan oleh mahsiswa pada kelompok matakuliah bidang tumbuhan hendaknya disesuaikan dengan beberapa kriteria seperti bersifat kontekstual, memuat data penelitian terbaru/ praktikum, memiliki banyak gambar, penjelasan lebih sederhana, dan desain yang menarik. Dengan kriteria bahan ajar tersebut, diharapkan mahasiswa memperoleh alternatif bahan ajar yang dapat mempermudah mempelajari materi pada kelompok matakuliah bidang tumbuhan. Dosen pengampu kelompok matakuliah bidang tumbuhan dapat menjadikan data ini sebagai rujukan dalam pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan preferensi mahasiswa di pendidikan biologi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...