Vidya Karya
Vol 37, No 2 (2022)

PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT DIGITAL PADA SUB KONSEP HEWAN VERTEBRATA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rusminah Rusminah (Unknown)
Kaspul Kaspul (Unknown)
Nurul Hidayati Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Vertebrate Animals sub-concept learning involves the characteristics of vertebrates in each class and requires learning materials to overcome students' difficulties. Digital handouts are one of the teaching materials made to facilitate the delivery of material during the learning process, which includes teaching materials, questions, and independent practical instructions that can be used for online and offline learning. This research method uses a quasi-experimental or quasi-experiment to test the effect of using digital handouts on learning outcomes and student responses to the Vertebrate Animal sub-concept. The sampling of this research was carried out by random sampling technique in class X SMAN 4 Banjarmasin, which later became the research sample of 48 students in the experimental class (X MIPA 1) and the control class (X MIPA 2). The learning outcomes data were tested with the SPSS 21 program using the Wilcoxon Signed Ranks Test, while the student responses were analyzed descriptively. The research results, namely, student learning outcomes, indicate that the use of digital handouts affects learning outcomes with the Asymp value. Sig. (2-tailed) of 0.000<0.05. In addition, students' responses to the use of digital handouts received a positive response in classroom learning with an average of 80.57%, which included the category of strongly agree.Pembelajaran sub konsep Hewan Vertebrata melibatkan ciri karakteristik vertebrata pada setiap kelasnya dan memerlukan bahan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik. Handout digital merupakan salah satu bahan ajar yang dibuat untuk dapat mempermudah penyampaian materi pada saat proses pembelajaran yang memuat materi bahan ajar, soal-soal, dan petunjuk praktikum mandiri yang dapat digunakan untuk pembelajaran secara daring maupun luring. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu atau Quasi Experimen dengan tujuan untuk menguji pengaruh penggunaan handout digital terhadap hasil belajar dan respon peserta didik pada sub konsep Hewan Vertebrata. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling di kelas X SMAN 4 Banjarmasin yang kemudian menjadi sampel penelitian sebesar 48 peserta didik kelas eksperimen (X MIPA 1) dan kelas kontrol (X MIPA 2). Data hasil belajar diuji dengan program SPSS 21 menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test, sedangkan respon peserta didik dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa penggunaan handout digital berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000<0,05. Selain itu, respon peserta didik terhadap penggunaan handout digital mendapatkan respon yang positif dalam pembelajaran di kelas dengan rata-rata 80,57% yang termasuk kategori sangat setuju.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JVK

Publisher

Subject

Education

Description

Vidya Karya terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analitis krtitis setara dengan hasil penelitian di bidang teori dan atau praktik ...