Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 3, No 1 (2022): Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Kemampuan Menulis Teks Narasi Bahasa Bugis Melalui Media Video Bencana Alam Siswa Kelas VIII SMPN 3 Watansoppeng Kabupaten Soppeng

Lukman Feri (Universitas Negeri Makassar)
Kembong Daeng (Universitas Negeri Makassar)
Aswati Asri (Universitas Negeri Makassar)
Johar Amir (Universitas Negeri Makassar)
Andi Fatimah Junus (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis kerangka teks narasi bahasa Bugis melalui media video bencana alam siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Watansoppeng Kabupaten Soppeng; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks narasi bahasa Bugis melalui media video bencana alam siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Watansoppeng Kabupaten Soppeng; Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Variabel penelitian yaitu kemampuan menulis narasi bahasa Bugis dengan menggunakan media video bencana alam. Sampel penelitian yaitu siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Watansoppeng. Teknik pengumpulan data yaitu Instrumen tersebut yaitu tes mengarang. Teknik analisis yaitu: (1) membuat daftar skor mentah; (2) Membuat distribusi frekuensi dari skor mentah; (3) Kategori taraf pencapaian belajar siswa; dan (4) membuat tabel klasifikasi kemampuan siswa sampel.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis kerangka teks narasi bahasa Bugis melalui media video bencana alam dikategorikan mampu (2) kemampuan menulis teks narasi bahasa Bugis melalui media video bencana alam dikategorikan mampu. Keywords: Kemampuan, Narasi, Bencana Alam

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...