Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 2 No. 3 (2022): EduTIK : Juni 2022

Sistem Pelayanan Informasi Berbasis Android di Pengadilan Negeri Tondano

Stralen Pratasik (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Verry Ronny Palilingan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Adithya Dwi Agus Pramadhani (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang dan membangun Sistem Informasi Berbasis Android pada Pengadilan Negeri Tondano untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi tentang Pengadilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan saintifik yaitu pendekatan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan membuat aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam mencari informasi mengenai Pengadilan Negeri Tondano khususnya dalam pelayanan publik dan mengggunakan metode waterfall. Hasil penelitian yang didapat yaitu adanya aplikasi sistem pelayanan informasi ini sendiri memiliki dampak yang baik bagi kemajuan peradilan di Indonesia. Dengan adanya sistem aplikasi ini perlu adanya persiapan yang matang selain kelengkapan infrastruktur juga harus dapat melatih kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya agar lebih siap menghadapi era teknologi tersebut. Respon masyarakatlah yang sangat dibutuhkan pada saat ini karena masyarakat mampu mendorong lembaga peradilan untuk dapat memberi penilaian serta memberikan saran kepada pengadilan yang nantinya akan menjadi penilaian khusus terhadap lembaga peradilan tersebut. Oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir lagi akan sulitnya keterbukaan informasi ketika ingin mengetahui perihal informasi-informasi terkait penyelesaian kasus hukum.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...