MALIH PEDDAS
Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI ORGAN PENCERNAAN DAN FUNGSINYA BAGI SISWA KELAS V SDN SEMPU

LAKSANA HARYUDA (UNIVERSITAS PGRI SEMARANG / SD NEGERI SEMPU)
ACHMAD BUCHORI (UNIVERSITAS PGRI SEMARANG)
RASIMAN RASIMAN (UNIVERSITAS PGRI SEMARANG)
SUMARNO SUMARNO (UNIVERSITAS PGRI SEMARANG)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch dengan tahapan Analysis , Design, Develop, Implement, dan Evaluation . Hasil uji validitas produk media oleh validator ahli media, diperoleh nilai rata-rata validitas media sebesar 87,33% dengan keterangan sangat valid. Sedangkan hasil uji validitas produk media oleh validator ahli materi diperoleh validitas materi sebesar 87,05% dengan keterangan yang sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang dilakukan oleh siswa diperoleh nilai rata-rata kepraktisan media sebesar 88,16% dengan kategori sangat praktis. H asil uji kepraktisan media oleh praktisi lapangan diperoleh nilai kepraktisan media sebesar 89,33% dengan kategori sangat praktis. Literasi sains siswa antara sebelum dan sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif terjadi peningkatan yang signifikan.Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest 28,54 dan rata-rata nilai postest 70,83. Hasil uji-T-Test Paired Sampel dan Uji-T-Test Independent Sampel melalui program SPSS 25.0 dinyatakan nilai sig. (2- ekor) adalah 0,000. Artinya Hₐ diterima dan perbedaan yang signifikan, karena hasilnya akan ada perbedaan maka dilanjutkan uji N-Gain dan diperoleh nilai rata-rata 70,83% dalam kategori cukup efektif.

Copyrights © 2022