Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 32, No 2 (2022)

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Komputer dan Jaringan Dasar

Eva Yulia Safitri (Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Hakkun Elmunsyah (Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Heru Wahyu Herwanto (Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Khoirudin Asfani (Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2022

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di beberapa sekolah SMK didapatkan hasil bahwa proses pembelajaran mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk materi yang bersifat konseptual yaitu guru masih berfokus menggunakan metode ceramah yang ditunjang dengan media pembelajaran berupa power point yang sederhana sehingga kurang menarik perhatian dan fokus peserta didik terhadap pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan turunnya motivasi belajar peserta didik yang mengakibatkan kurang optimalnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang efektif. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mendeskripsikan, mengembangkan, serta menguji kelayakan media pembelajaran interaktif mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar berbasis Android bermuatan model pembelajaran probing prompting pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMK. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan persentase kelayakan dengan rata – rata ahli materi sebesar 100% dinyatakan “sangat valid” ahli media sebesar 87% dinyatakan “sangat valid”   uji kelompok kecil sebesar 88,48% dinyatakan “sangat valid”, uji kelompok besar sebesar 90,80% dinyatakan “sangat valid” dan motivasi sebesar 87,79% dinyatakan “motivasi kuat”. Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android bermuatan model pembelajaran Probing Prompting ini secara keseluruhan dapat dinyatakan “sangat layak”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...