Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di beberapa sekolah SMK didapatkan hasil bahwa proses pembelajaran mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk materi yang bersifat konseptual yaitu guru masih berfokus menggunakan metode ceramah yang ditunjang dengan media pembelajaran berupa power point yang sederhana sehingga kurang menarik perhatian dan fokus peserta didik terhadap pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan turunnya motivasi belajar peserta didik yang mengakibatkan kurang optimalnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang efektif. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mendeskripsikan, mengembangkan, serta menguji kelayakan media pembelajaran interaktif mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar berbasis Android bermuatan model pembelajaran probing prompting pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMK. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan persentase kelayakan dengan rata – rata ahli materi sebesar 100% dinyatakan “sangat valid” ahli media sebesar 87% dinyatakan “sangat valid” uji kelompok kecil sebesar 88,48% dinyatakan “sangat valid”, uji kelompok besar sebesar 90,80% dinyatakan “sangat valid” dan motivasi sebesar 87,79% dinyatakan “motivasi kuat”. Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android bermuatan model pembelajaran Probing Prompting ini secara keseluruhan dapat dinyatakan “sangat layak”.
Copyrights © 2022