JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Khusus

Faktor-faktor penghambat mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System (LMS)

Dewi Ekasari Kusumastuti (Universitas Lambung Mangkurat)
Utomo Utomo (Universitas Lambung Mangkurat)
Misliyani Misliyani (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Penggunaaan Learning Management System pada masa pandemi COVID-19 belum sepenuhnya mengakomodasi kebutuhan belajar mahasiswa berkebutuhan khusus di Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara mendalam faktor-faktor penghambat mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 24 orang mahasiswa berkebutuhan khusus di Salah satu Perguruan Tinggi Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pertanyaan terbuka dalam bentuk google form. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis data interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah triangulasi sumber yang dilengkapi dengan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor penghambat mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System, yaitu: masih kurangnya aksesibilitas fisik dan non fisik bagi mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System dilihat dari ketidaktersediaan buku panduan modifikasi dan video tutorial penggunaan dengan bahasa isyarat; ketidaktersediaan fasilitas input suara, audio dan virtual keyboard untuk mengakses fitur-fitur yang ada; serta kurang maksimalnya peran dan fungsi dosen, volunteer dan orangtua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...