Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 6 No. 3 (2022): Oktober 2022

Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Minat Entrepreneur Mahasiswa

Ahmad Arif (Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)
Ganefri (Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)
Asmar Yulastri (Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)
Wawan Purwanto (Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)
Wagino (Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)
Nuzul Hidayat (Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)
Muslim (Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2022

Abstract

Rendahnya minat entrepreneur mahasiswa yang disebabkan oleh kecerdasan emosional mahasiswa yang rendah dan hasil belajar kewirausahaan masih di bawah nilai ketuntasan terendah. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis kontribusi kecerdasan emosional dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat entrepreneur mahasiswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode korelasional dengan jumlah sampel 75 mahasiswa menggunakan proportional random sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Ketiga variable sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data penelitian diuji melalui deskripsi dan uji inferensial. Uji deskripsi mengukur rata-rata, nilai terendah, nilai tertinggi, median dan standar deviasi yang sebelumnya dicari uji prasyarat (normalitas, homogenitas, dan multikolinearitas). Pengujian hipotesis dengan pengujian regresi. Hasil penelitian menyatakan bahwa kontribusi kecerdasan emosional terhadap minat entrepreneur mahasiswa adalah 48,9%, kontribusi hasil belajar kewirausahaan terhadap minat entrepreneur mahasiswa adalah 28,8% dan kontribusi kecerdasan emosional dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat entrepreneur mahasiswa adalah 52,7%. Kesimpulannya bahwa terdapat kontribusi kecerdasan emosional dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat entrepreneur mahasiswa. Implikasi penelitian ini diharapkan meningkatkan minat entrepreneur mahasiswa dengan memperhatikan kecerdasan emosipnal dan hasil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...