(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 6 No. 2 (2022): 2022.2

STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 002 RAMBAH SAMO

Rinja Efendi (STKIP Rokania)
Elvina (STKIP Rokania)
Eni Marta (STKIP Rokania)
Nauli Tama Sari4 (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Peran seorang guru dalam memotivasi siswa sangat penting khususnya untuk memberikan dampak yang baik kepada siswa, sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi dan kendala guru kelas dalam memotivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan model penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan teknik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru sudah menerapkan strategi untuk memotivasi siswa dengan membangkitkan dorongan kepada siswa, menjelaskan secara konkret kepada siswa apa yang dapat dilakukan pada akhir pengajaran, memberikan ganjaran terhadap prestasi yang dicapai siswa sehingga dapat merangsang untuk mendapat prestasi yang dicapai siswa sehingga dapat merangsang untuk mendapat prestasi yang lebih baik dikemudian hari, memberikan bentuk kebiasaan belajar yang baik, membantu kesulitan belajar siswa secara individual maupun kelompok. Sedangkan kendala yang ditemukan, masih ada siswa yang suka ribut di kelas, kurang bersemangat dalam belajar, tidak tertarik dengan pembelajaran, takut mengeluarkan pendapat, masih ada siswa yang tidak suka dengan metode guru mengajar. Adapun rekomendasi penelitian ini, guru seharusnya mampu menyesuaikan dan menyajikan metode pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga siswa dapat termotivasi dan antusias dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...