ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 2 No. 2 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Implementasi Pembelajaran Daring Di SMA Negeri 1 Batang Kapas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Febri Fransisca (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Dina Ramadhanti (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Ria Satini (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Pembelajaran daring mulai dilaksanakan pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan metode pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Batang Kapas? Kedua, untuk mendeskripsikan penguasaan materi pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Batang Kapas? Ketiga, untuk mendeskripsikan manfaat pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil angket. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 180 orang siswa SMA Negeri 1 Batang Kapas kelas XI. Instrument penelitian menggunakan angket. Data dianalisis dengan menentukan kategori penilaian jawaban data, menentukan persentase data, pengklasifikasian data dan memberikan penafsiran data berdasarkan teori. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, metode pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Batang Kapas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode asinkronik. Metode asinkronik dapat dikategorikan baik sesuai hasil angket. Kedua, penguasaan materi pembelajaran daring tingkat kualifikasi sudah dikategorikan baik. Ketiga, manfaat pembelajaran daring yaitu: pembelajaran bisa berlangsung dimana dan kapan saja, waktu dan tempat pembelajaran lebih fleksibel, pembelajaran variatif, aktif, kreatif dan mandiri, dan lebih banyak waktu bersama keluarga. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran daring terlaksana dengan baik di SMA Negeri 1 Batang Kapas. Bahkan, guru dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara blended atau blended learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...