ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Efektivitas Penggunaan Metode Examlple Non Example terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo

Ega Widia Putri (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Trisna Helda (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Samsiarni (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa mengalami kesulitan dalam menulis cerita fantasi, karena kurangnya referensi yang diberikan kepada siswa. Kedua, kurangnya minat siswa dalam menulis, karena tidak berbaurnya siswa dengan metode yang diterapkan. Ketiga, siswa cenderung tidak memiliki ide dan kurang imajinatif dalam menulis serta hanya beberapa siswa yang terampil dalam menulis saat diberi tugas menulis cerita fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode example non example terhadap kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-postest. Sampel dalam Penelitian ini adalah siswa kelas VII3 SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo yang berjumlah 28 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis cerita fantasi sebelum dan sesudah menggunakan metode example non example siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan duo. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan duo sebelum menggunakan metode example non example memperoleh nilai rata-rata 66,22 dengan kualifikasi yaitu lebih dari cukup (C). Kedua, kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan duo sesudah menggunakan metode example non example memperoleh nilai rata-rata 81,47 dengan kualifikasi yaitu baik (B). Ketiga, berdasarkan uji-t terdapat efektivitas metode example non example terhadap kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan duo karena thitung > ttabel (5,57>1,70). Dengan demikian penggunaan metode example non example berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...