Jurnal Economica: Media Komunikasi ISEI Riau
Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Economica, Oktober 2022

STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KULINER DI KOTA PEKANBARU PADA ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS USAHA BANANA'S HOUSE GM)

Mutia Nurhaliza (Universitas Riau)
Deny Setiawan (Universitas Riau)
Hilmah Zuryani (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi, menganalisis strategi apa yang bisa dilakukan dan mengetahui strategi apa yang paling tepat untuk GM Rumah Pisang di era pandemi covid-19 ini. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sebanyak 3 responden dari pihak internal. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman industri kuliner GM Rumah Pisang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis matriks SWOT dihasilkan 4 alternatif strategi dan strategi yang dapat dilakukan adalah strategi diversifikasi yang berada pada posisi kuadran 2 sehingga lebih fokus pada strategi ST (Strengths-Threats). GM Banana's House harus menjaga kualitas produk berupa penjaminan bahan baku terbaik, melakukan perawatan terkait proses produksi, memperkuat promosi melalui media penjualan online, menyediakan bahan baku lebih banyak agar tidak terjadi fluktuasi harga, menjaga proses produksi agar standar produk dibuat sesuai dengan kebutuhan konsumen dan manajemen bisnis harus bisa menghitung jumlah produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan rata-rata konsumen sebagai pembeli di era pandemi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

economica

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economica menerbitkan artikel bidang ekonomi seperti berikut, namun tidak terbatas pada: Sosial Ekonomi Ekonomi Kreatif Ekonomi Pembangunan Pemasaran Manajemen Kebijakan Publik Akuntansi Keuangan e-commerce Bisnis Internasional ...