Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 5, No 2 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Analisis Tindak Tutur Ilokusi dan Implikatur Konvensional dalam Wacana tentang Meme Covid 19

Risnawati Risnawati (Universitas Indraprasta PGRI)
Dendy Sugono (Universitas Indraprasta PGRI)
Andri Suryana (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan jenis-jenis tindak tindak tutur ilokusi dan implikatur konvensional pada meme Covid 19 di media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan dokumen dan teknik analisis interaktif pada 30 meme Covid 19 yang terdapat di media sosial. Setelah peneliti menganalisis meme Covi 19, penulis menyimpulkan bahwa beberapa wacana meme Covid 19 mengandung tindak tutur dan implikatur konvensional. 1) Jenis-jenis tindak yang ditemukan yaitu tindak tutur asertif meliputi dua fungsi tindak tutur, antara lain: fungsi tindak tutur dan fungsi menyatakan, tindak tutur direktif meliputi empat fungsi, antara lain;fungsi perintah, fungsi meminta, disarankan, dan fungsi undangan, Tindak ekspresif ekspresif mencakup tiga fungsi tindak tutur, antara lain: fungsi kritik, fungsi humor, dan fungsi keluhan, tindak tutur komisif dengan satu fungsi, yaitu tindak tindak tutur, tindak deklarasi dengan satu fungsi. dari tindak tutur melarang. 2) Implikatur konvensional yang terdapat dalam wacana meme Covid 19 adalah perintah, pernyataan, sindiran, larangan, humor, ajakan, dan keluhan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...