Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

The Effect of SQ3R Method on Students' Achievement in Reading Narrative Text

Junita Manik (Universitas Prima Indonesia)
Friska Nasrani Bu'ulolo (Universitas Prima Indonesia)
Nustani Sipahutar (Universitas Prima Indonesia)
Nurmahyuni Asrul (Universitas Prima Indonesia)
Dwi Suci Amaniarsih (Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh metode SQ3R terhadap pengetahuan, pemahaman dan minat siswa dalam membaca teks naratif. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah SMK TELKOM MEDAN di kelas X. Penelitian ini bersifat semi eksperimen, dengan kelas eksperimen dan kontrol, serta tes yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Setelah dilakukan tes, hasilnya menunjukkan bahwa 21 siswa atau 84% memiliki nilai tinggi dan 4 siswa atau 16% memiliki nilai tinggi. Selain itu, skor rata-rata kelompok eksperimen meningkat. Nilai rata-rata 54,60 sebelum metode SQ3R digunakan. Metode SQ3R menghasilkan rata-rata hasil belajar sebesar 87,64. Setelah belajar melalui metode SQ3R, mediannya adalah 86, sedangkan pada tes sebelumnya adalah 55. Standar deviasi kelompok eksperimen adalah 1,676 sebelum diproses. Standar deviasi kelompok eksperimen adalah 2,084 setelah pembelajaran melalui metode SQ3R. Setelah menerapkan model learning and answer untuk meningkatkan minat, siswa lebih banyak membaca untuk meningkatkan minat bacanya. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca teks naratif siswa sangat dipengaruhi oleh keefektifan pembelajaran strategi ekspresi wawancara. Paradigma pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, & Review (SQ3R), dapat menjelaskan dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...