Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 1, No 1 (2022): October 2022

Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N I Mapat Tunggul

Silvia Silvia (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Sri Rahayu (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Hefni Hefni (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat siswa yang tidak terlalu fokus dalam belajar pada saat pelajaran berlangsung, mengerjakan tugas mata pelajaran yang lain pada saat guru mengajar, sering tidak membuat tugas yang dikasih oleh gurunya, dan selalu tidur saat jam belajar berlangsung serta main game pada saat guru menjelaskan materi di depan kelas dan siswa jarang mengumpulkan tugas harian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran sosiologi dengan hasil belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu peseta didik kelas XI IPS SMAN 1 Mapat Tunggul yang terdaftar pada ajaran 2020/2021 dengan Teknik pengambilan sampel secara sampling purposive menggunakan kriteria: Siswa yang mengikuti proses belajar mata pelajaran sosiologi dikelas, siswa yang hasil ulangan harian yang rendah terdapat, proses belajar sosiologi yang tidak serius dan hasil bejara nilai rapor yang paling banyak tidak tuntas terdapat pada kelas XI IPS 4 di SMA N 1 Mapat Tunggul. Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumen. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu persepsi siswa terhadap mata pelajaran sosiologi kelas XI SMA Negeri 1 Mapat Tunggul yang sangat tidak baik pada kategori tinggi, hasil belajar siswa berada pada kategori yang sangat rendah dan hubungan persepsi siswa terhadap mata pelajaran sosiologi dengan hasil belajar kelas XI SMA Negeri 1 Mapat Tunggul koefisien cukup kuat arah korelasi yang negatif.Kata Kunci: Persepsi, Sosiologi, Hasil Belajar, Siswa. AbstractThis research is motivated by seeing students who are not too focused on learning during lessons, do other subject assignments when the teacher teaches, often do not make assignments given by the teacher, and always sleep during study hours and play games when the teacher explain the material in front of the class and students rarely collect daily assignments. And there are also low student learning outcomes, which proves at the time of tests and semester exams that make a big influence on the low student learning outcomes. The purpose of this study was to determine the relationship between students' perceptions of sociology subjects and learning outcomes. The approach used in this research is a quantitative approach method. The population in this study were students of class XI IPS SMAN 1 Mapat Tunggul who were registered in the 2020/2021 teaching with purposive sampling technique using the following criteria: Students who took part in the learning process of sociology subjects in class, students who had low daily test results were, the process of learning sociology that is not serious and the results of studying the most incomplete report cards are found in class XI IPS 4 at SMA N 1 Mapat Tunggul. Data collection techniques are observation, interviews, questionnaires and document studies. The conclusion from the results of this study is that students' perceptions of sociology subjects in class XI SMA Negeri 1 Mapat Tunggul are not very good in the high category, student learning outcomes are in the very low category and the relationship between students' perceptions of sociology subjects with learning outcomes in class XI SMA Negeri 1 Mapat Tunggul coefficient is quite strong in the direction of the negative correlation.Keywords: Perception, Sociology, Learning Outcomes, Students

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aurelia

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia is published twice a year: January and July. E-ISSN: 2964-2493 (Elektronik) P-ISSN: 2962-0430 (Cetak) Editor In Chief: T. Heru Nurgiansah, S.Pd., M.Pd DOI: 10.57235 Publisher: CV. Rayyan Dwi Bharata Receive articles from research and ...