JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
Vol 9, No 2 (2022): Desember - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN BERBASIS DIGITAL AUTOMATED SHORT ESSAY SCORING (ASES) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Evi Susilawati (Universitas Islam Sumatera Utara)
Imamul Khaira (Universitas Haji Sumatera Utara)
Atmawarni . (Universitas Islam Sumatera Utara)
Sapta Kesuma (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  implementasi model penilaian berbasis digital Automated Short Essay Scoring ASES untuk meningkatkan hasil  belajar mahasiswa pada mata kuliah Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilakukan di 3 siklus.  Setiap siklus terdiri dari langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Satu set data terdiri dari asesmen hasil belajar mahasiswa dan tanggapan angket diperoleh dari penelitian tindakan. Proses pembelajaran dilakukan pada mahasiswa semester V (lima)  Prodi PPKn FKIP Universitas Islam Sumatera Utara yang terdiri dari 11 mahasiswa (3 laki-laki dan 8 perempuan) dan 2 kolaborator. Kesuksesan penelitian ditunjukkan dengan 90% mahasiswa mencapai ketercapaian  pembelajaran mata kuliah  Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran PPKn. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dengan angket, observasi, dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa semua ketercapaian  pembelajaran mata kuliah  Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran PPKn yang dinilai berada pada kategori tinggi.Kata Kunci: Model ASES, Hasil Belajar, Mata Kuliah Assemem dan Evaluasi Pembelajaran PPKn Abstract: The purpose of this study was to determine the implementation of the digital-based Automated Short Essay Scoring ASES assessment model to improve student learning outcomes in the Civics Assessment and Evaluation Course. This research was a classroom action research and was conducted in 3 cycles. Each cycle consists of the steps of planning, implementing, observing, and reflecting. One data set consists of an assessment of student learning outcomes and questionnaire responses obtained from action research. The learning process was carried out for fifth (fifth) semester students of the PPKn FKIP Study Program, Islamic University of North Sumatra, consisting of 11 students (3 boys and 8 girls) and 2 collaborators. The success of the research was shown by 90% of students achieving learning achievement in the Civics Learning Assessment and Evaluation course. Data collection was carried out using the documentation method with questionnaires, observations, and tests. Data were analyzed quantitatively and qualitatively. The results show that all learning achievements in the Civics Learning Assessment and Evaluation course are considered to be in the high category..Keywords: ASES Model, Learning Outcomes, Subject Assessment and Evaluation of  Pancasila and Civics Learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

teknologi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil ...