Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 3 No 2 (2022): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Upaya Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Anak Kelas IV Sekolah Dasar

Riana Lutfi Najiha (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Maryamah Maryamah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Miftahul Husni (UIN Raden Fatah Palembang)
Nurlaeli Nurlaeli (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan lapangan bahwa dalam pelaksanaanpembelajaran karakter religius terdapat upaya guru dalam penanaman nilai-nilai karakter religius pada anak kelas IV SDN 1 Trans Batumarta VII. Tujuan dari peneliian ini yaitu(1) mengetahui apa saja upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan karakter religius pada peserta didik, (2) untuk mengetahui nilai- nilai apa saja yang ditanamkan pada penanaman karakter religius, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja yang mendukung adanya penanaman karakter religius pada peserta didik di SDN 1 Trans Batumarta VII. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskripstif kualiatif. Hasil dari penelitian yaitu dalam penanaman karakter religius di SDN 1 Trans Batumarta VII yaitu terdapat upaya guru dalam penanamannya seperti upaya penanaman shalat dhuha yang dilaksanakan tempat Mushola Sekolah serta di Imami oleh Bapak K. membaca surah- surah pendek yang dibaca ketika selesai berdoa belajar yang dipimpin oleh guru yang mengajar pada jamnya dan membaca doa sebelum belajar yang dipimpin oleh guru yang mengajar . Dari nilai-nilai yang digunakan dalam penanaman karakter religius siswa adalah seperti nilai aqidah, nilai akhlak, nilai disipilin, nilai tanggung jawab, dan kejujuran. Faktor pendukung yaitu kerjasama antara kerjasama guru dan wali murid, adapun kendala yang dihadapi adalah kesadaran dari peserta didik, serta dari orang tua yang kurang membimbing anak dalam penanaman karakter religius anak, dan penanaman tidak berjalan dengan normal karena proses belajar mengajar yang terkendala (pandemi) dan faktor lain seperti faktor eksternal (tempraman, gangguan jiwa, konflik dan keraguan, jauh dari Tuhan), dan faktor internal (lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, sarana dan prasarana)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

limaspgmi

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Ruang lingkup Limas PGMI adalah: 1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI/SD) 2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan ...