cover
Contact Name
Amir Hamzah
Contact Email
limas.pgmi@gmail.com
Phone
+6282377854150
Journal Mail Official
limaspgmi_uin@radenfatah.ac.id
Editorial Address
Gedung K Lantai 1 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembag. Jalan KH.Zaenal Abidin Fikri, Palembang Sumatera Selatan, Indonesia
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : -     EISSN : 28071824     DOI : https://doi.org/10.19109/limaspgmi.v2i2
Core Subject : Education,
Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Ruang lingkup Limas PGMI adalah: 1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI/SD) 2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan Lokal di Pendidikan Dasar (MI/SD) 3. Media dan Teknologi Pembelajaran pada Pendidikan Dasar (MI/SD) 4. Kompetensi Calon Guru, Guru dan Dosen di Pendidikan Dasar (MI/SD) 5. Penilaian di Pendidikan Dasar (MI/SD) 6. Pengembangan Pendidikan Dasar (MI/SD) 7. TIK Untuk Pendidikan Dasar
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 36 Documents
PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN REMEDIAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD PATRA MANDIRI 2 PLAJU PALEMBANG Restu Ulyati; Mardiah Astuti; Hani Atus Sholikhah
Limas PGMI Vol 1 No 1 (2020): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v1i01.7303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan program remedial; (2) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program remedial; dan (3) mengetahui solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan yang dialami dalam pelaksanaan program remedial mata pelajaran matematika di SD Patra Mandiri 2 Plaju Palembang. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan program remedial mata pelajaran matematika di SD Patra Mandiri 2 Plaju Palembang dilakukan sesuai dengan prosedur pelaksanaan program remedial. (2) Faktor pendukung terlaksananya program remedial yaitu adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, perhatian orangtua, serta waktu yang sudah dijadwalkan oleh sekolah, sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu karena dilaksanakan setelah jam pelajaran reguler berakhir, adapun faktor penghambat lainnya ialah siswa yang malas belajar. (3) Solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan yaitu dengan melakukan bimbingan di luar jam yang sudah terprogram, sedangkan siswa yang malas dapat diatasi dengan melakukan identifikasi terhadap permasalah atau kesulitan belajar yang dialami oleh siswa melalui bimbingan secara personal sehingga guru dapat menemukan batas kemampuan dan gaya belajar yang sesuai dengan siswa tersebut.
ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MODEL WEBSITE DAN M-LEARNING MELALUI YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS 2 SD/MI Alfi Latifah; Andi Prastowo
Limas PGMI Vol 1 No 1 (2020): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v1i01.7304

Abstract

Pembelajaran daring memiliki kelebihan dan kekurangannya, salah satu kekurangan dari sistem pembelajaran daring yaitu siswa menjadi bosan dan merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Salah satu mengatasi rasa bosan siswa yaitu dapat memanfaatkan fasilitas teknologi salah satunya menggunakan pembelajaran berbasis Website dan M-Learning melalui Youtube.Salah satu langkah untuk menerapkan model pembelajaran berbasis tentunya harus mengetahui Bagaimana Deskrispsi mengenai model Website dan M-Learning melalui Youtube? Bagaimana Langkah-langkah dalam menerapkan model pembelajaran melalui Website dan M-Learning melalui Youtube ? Bagaimana kelebihan dan kekurangan model pembelajaran melalui Website dan M-Learning melalui Youtube ? Bagaimana analisis Saluran Youtube Nussa dan Rara Official dalam kajian pembelajaran materi PAI kelas 2 SD/MI ?. Metode peneilitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan desain penelitian Library research ( Kepustakaan), Sumber data yang digunakan yaitu berupa jurnal, tesis, buku, dan skripsi serta saluran chanel Youtube Nussa dan Rara. Teknik pengumpuln data yaitu dengan mengumpulkan dokumentasi dari beberapa jurnal,buku, tesis dan skripsi selanjutnya di olah dan dianalisis kemudian diambil kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang penulis peroleh yaitu Pembelajaran daring yang membosankan dirasakan siswa karena proses pembelajaran bersifat monoton, Salah satu model pembelajaan yang dapat mengatasi hal tesebut yaitu model pembelajaran berbasis Website dan M-Learning melalui Youtubei yang sesuai dengan karakteristik anak SD/MI. Salah satu saluran Youtube yang bisa dijadikan bahan ajar pengembangan materi PAI kelas 2 SD/MI agar menjadi lebih menarik dan tidak bersifat konvensional yaitu Chanel Youtube Nussa dan Rara Official karena terdapat kesesuian antara kompetensi Dasar dalam materi PAI kelas 2 SD/MI terhadap video animasi dari Nussa dan Rara yang terdapat nilai pendidikan Akidah, Akhlak, serta Fikih dalam Video animasi tersebut.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI KELAS IV SD/MI Karmila Karmila; Nurlaeli Nurlaeli; Miftahul Husni
Limas PGMI Vol 1 No 1 (2020): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v1i01.7306

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Namun bahan ajar tematik yang digunakan hanya mempelajari mata pelajaran yang umum saja. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis nilai-nilai islami tema indahnya kebersamaan subtema kebersamaan dalam keberagaman yang valid, dan praktis untuk kelas IV SD/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Deploment). Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Tessmer yang memfokuskan pada 2 tahap yaitu tahap Preliminary dan tahap Prototyping yang menggunakan alur Formative Evaluation. Alur preliminary terdiri dari tahap persiapan (analisis) dan pendesainan sedangkan tahap formative evaluation yang meliputi Self Evaluation, One-to-one, Small group, dan field test. Pada tahap field test peneliti tidak menggunakannya disebabkan waktu yang terbatas dan tidak memungkinkan pada masa pandemi covid ini. Hasil penelitian menunjukan temuan sebagai berikut. 1) berdasarkan validasi produk dikategorikan valid dengan nilai validasi rata-rata expert riview adalah 98. 2) Bahan ajar tematik integratif berbasis nilai-nilai islami tema indahnya kebersamaan subtema kebersamaan dalam keberagaman kelas IV SD/MI terkategori praktis. Hal tersebut terlihat dari lembar angket kepraktisan respon peserta didik yang diisi oleh peserta didik pada tahap One-to-one dengan rata-rata 80 dan Small group dengan rata-rata 80.
Strategi Guru Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab dalam Upaya Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0 di SD Negeri 3 Lumpatan Riri Pratiwi; Aquami Aquami; Novia Ballianie
Limas PGMI Vol 1 No 1 (2020): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v1i01.7308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pertama, mengetahui strategi guru meningkatkan rasa tanggung jawab siswa; kedua, mengetahui hasil guru meningkatkan rasa tanggung jawab siswa; dan ketiga, Mengetahui Kendala dan solusi meningkatkan rasa tanggung jawab siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah guru kelas VI. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut: (1) strategi guru dalam meningkatkan rasa tanggung jawab di SD Negeri 3 Lumpatan diterapkan ketika proses pembelajaran dan di luar jam pembelajaran tidak hanya dengan satu strategi saja. Akan tetapi, mengkolaborasikan berbagai strategi diantaranya pemberian contoh, pembiasaan, pengintegrasian proses pembelajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler. (2) hasil guru dalam meningkatkan rasa tanggung jawab yaitu dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dilihat dari siswa sudah memiliki rasa tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas baik itu piket kelas maupun proses pembelajaran. (3) kendala dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa yaitu adanya media informasi dan komunikasi, faktor keluarga, lingkungan rumah atau masyarakat, serta kurangnya kesadaran dalam diri siswa. Sedangkan solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan yaitu dengan memberikan nasehat, motivasi, dukungan, hukuman yang mendidik, kerja sama dengan orangtua siswa.
PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI BAITUL MUTTAQIN SIMO SUMURAGUNG BAURENO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Zuhriyyah Hidayati
Limas PGMI Vol 1 No 1 (2020): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v1i01.7334

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang integral dalam kehidupan manusia, dimana manusia dapat membina kepribadiannya dengan jalan membina potensi-potensi pribadinya sesuai dengan nilai-nilai didalam masyarakat dan kebudayaan. Dengan demikian dari nilai-nilai yang ada berlangsung suatu proses pendidikan sesuai dengan tujuan utama pendidikan yaitu mengembangkan kemampuan pengetahuan keterampilan dan sikap anak didik secara optimal. Oleh karena itu kompetensi sosial pada khususnya kompetensi guru dalam komunikasi dengan siswa harus ditingkatkan, semakain baik komunikasi guru dengan siswa maka semakin baik pula proses pembelajan berlangsung, selain itu hasil belajar siswa juga akan semakin meningkat. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah komunikasi interpersonal guru dan siswa berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Baitul Muttaqin Simo Sumuragung Baureno Bojonegoro. Melalui uji analisis regresi yang hasilnya adalah Koefisien regresi X sebesar 0,386 menyatakan bahwa jika variabel komunikasi interpersonal guru dan siswa berubah satu satuan dan variabel lain konstan, maka komunikasi interpersonal akan bertambah 0,386 satuan. Setelah uji analisis regresi selanjutnya hasil Uji T parsial, Hasil Uji t parsial, Karena t hitung > t tabel yaitu 2,520 > 2,0301 maka H0 ditolak dan H1 diterima Berarti komunikasi interpersonal guru dan siswa (X), berpengaruh secara positif dengan taraf signifikan 5% terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih di MI Baitul Muttaqin Simo Sumuragung Baureno Bojonegoro.
PERAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MI MA’ARIFUL ULUM BANYUASIN Riyo Andesta; Tutut Handayani; Ines Tasya Jadiddah; Siti Fatimah
Limas PGMI Vol 1 No 1 (2020): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v1i01.7335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis bentuk peran kegiatan eskrakulikuler pramuka dalam membentuk karakter bertanggung jawab dan cinta lingkungan siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’ariful Ulum Banyuasin, 2) mengetahui faktor-faktor penghambat dalam membentuk karakter bertanggung jawab siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’ariful Ulum Banyuasin, 3) menganalisis solusi dalam menghadapi kendala kegiatan ekstrakulikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa di MI Ma’ariful Ulum Banyuasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran kegiatan ekstrakulikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa di MI ma’ariful Ulum Banyuasin sudah membuahkan hasil sesuai dengan wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru (pembina pramuka), guru (wali kelas), orang tua wali bahwa ke empat komponen ini saling berkesinambungan dan saling mendukung satu sama lain, 2) Faktor penghambat yang dihadapi dalam membentuk karakter bertanggung siswa di MI Ma’ariful Ulum Banyuasin yakni, siswa bermalas-malasan dan juga ada yang membolos serta siswa bermain-bermain dan tidak fokus untuk memerhatikan pembina pramuka pada saat menyampaikan materi, 3) Solusi dalam mengatasi kegiatan ekstrakulikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa di MI Ma’ariful Ulum yakni, pembina pramuka memberikan sosialisasi dengan cara memberi pengertian terhadap orang tua wali manfaat dan tujuan anak dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pramuka
PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SD IT AL-KHOIRIYAH DALAM PENERAPAN BERBASIS ONLINE Aulia Rika Harahap; Andi Prastowo
Limas PGMI Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v2i1.7499

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran berbasis TIK dalam penerapan berbasis online. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dengan perolehan data berdasarkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan cara mengumpulkan dokumentasi beberapa sumber penelitian baik jurnal atau buku yang berkaitan dengan judul penelitian, kemudian dianalisis dari beberapa sumber tersebut kemudian ditarik sebuah kesimpulan untuk menguatkan hasil kesimpulan yang akan penulis uraikan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam pembelajaran berbasis TIK dalam penerapan berbasis online menunjukkan bahwa kelebihannya dapat memunculkan gambar atau suara sehingga siswa lebih antusias untuk belajar dan memperbaiki daya ingat peserta didik. Artinya guru mengirim vidio pembelajaran kepada siswa dengan menggunakan aplikasi whatsapp, Dalam belajar baik pengajar maupun pelajar akan lebih mudah mencari sumber karena adanya internet. Pemberian dan penerimaan materi atau tugas tidak harus bertatap muka lagi, dan Menjalin hubungan yang lebih erat antara guru dan orang tua dalam peroses pembelajaran. Sedangkan kekurangannya sering terjadi penyalahgunaan penggunaan handphone misalnya siswa membuka aplikasi yang lain ketika belajar, guru lebih suka menjelaskan secara langsung darikan mengirim tugas ke siswa, siswa bosan belajar di rumah dan senang belajar di sekolah dan orang tua merasa terbebani dengan adanya penerapan pembelajaran berbasis online. Kata kunci: Kelebihan, Kekurangan, Pembelajaran Online
MASALAH LUPA, KEJENUHAN DAN KESULITAN SISWA SERTA MENGATASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI MI/SD Istiqamah Isti; Ichsan Ichsan
Limas PGMI Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v2i1.7671

Abstract

Belajar adalah jalan untuk sukses yang berkaitan erat dengan proses perubahan. Namun, tidak semua proses perubahan digambarkan sebagai pembelajaran. Belajar adalah suatu tahapan perubahan tingkah laku individu yang dinamis sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan unsur kognitif, afektif dan psikomotorik. Pembelajaran adalah aspek yang rumit dan melibatkan banyak hal yang saling terkait. Belajar juga suatu proses dimana kemampuan sikap, pengetahuan dan konsep dapat dipahami, diterapkan dan digunakan untuk dikembangkan dan diperluas. Dalam mengatasi hal tersebut, seseorang pendidik harus memahami dan mangatasi permasalahan yang ada. Namun ada kendala atau hambatan yang perlu dan sangat diperhatikan sebagai seorang siswa dalam belajarnya yaitu lupa, kejenuhan, sehingga akan terjadinya kesulitan dalam belajar yang dapat memicu penghambatan proses pembelajaran yang seharusnya berjalan dengan baik. Untuk itu seorang pendidik harus paham dan mengerti bagaimana cara mengatasinya dalam pembelajaran.
MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI MEDIA KOTAK ANALISIS PADA SISWA KELAS 5 MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN KOTA JAMBI Muhammad Azir
Limas PGMI Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v2i1.8587

Abstract

Membaca merupakan sebuah aktivitas berupa melafalkan atau mengeja sebuah tulisan. Hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang menyatakan bahwa membaca adalah mengeja atau melafalkan apa yang tertulis. Membaca bertujuan untuk menambah pengetahuan dan membuka pemikiran untuk menerima perkembangan dunia luar. Turunnya minat baca siswa bukan karena siwa pemalas melainkan tidak digunakan metode yang tepat dalam melakukan peningkatan minat baca pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca melalui media kotak analisis pada siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah muhajirin Kota Jambi. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan tiga siklus. Penelitian ini dilakukan pada Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Kota Jambi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa peningkatan minat baca siswa yang diteliti selama 2 minggu dan dapat dikatakan meningkat berdasarkan indicator yang telah ditentukan seperti adanya timbal balik antara guru dan siswa, adanya komunikasi antara guru dan siswa, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan, dan siswa dapat menyimpulkan serta analisis dari bahan bacaan yang diberikan. Berdasarkan data kuantitaif yang didapatkan bahwa sebanyak 75,4% minat baca siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota jambi meningkat.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DI SD NEGERI 06 PAYARAMAN Septi Indasari; Ahmad Syarifuddin; Tastin Tastin; Faisal Faisal; Ines Tasya Jadidah
Limas PGMI Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v2i1.8647

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp di SD Negeri 06 Payaraman, Problematika pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp di SD Negeri 06 Payaraman dan upaya guru agar pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp berjalan secara efektif di SD Negeri 06 Payaraman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : Proses pembelajaran daring yang menggunakan aplikasi whatsApp dimulai dengan guru mengucapkan salam lalu dilanjutkan berdoa bersama siswa dan guru mengecek kehadiran siswa selanjutnya penyampaian materi dan pemberian tugas harian lalu diakhiri dengan salam penutup dan guru memberikan tugas rumah. Selanjutnya problematika yang di hadapi guru pada pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp yang membuat tidak efektif yaitu guru merasa kesulitan dalam mengelola pembelajaran agar siswa tetap aktif dan mampu menerima materi dengan baik, selanjutnya guru juga merasa kesulitan melakukan penilaian selama pembelajaran daring. Guru khawatir nilai yang diberikan tidak sebanding dengan kemampuan siswa tersebut. Serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi guru yaitu memperjelas tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan dilakukan diskusi melalui grup kelas untuk menilai keaktifan siswa saat mengiktui pembelajaran daring.

Page 1 of 4 | Total Record : 36