Counseling and Humanities Review
Vol 2, No 2 (2022): Counseling and Humanities Review

Perbedaan kecerdasan emosional remaja pertengahan ditinjau dari jenis kelamin

Atiqul Ilmi El Faisal (Universitas Negeri Padang)
Netrawati Netrawati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Remaja pertengahan mengalami berbagai gejolak dalam perkembangan emosinya. Oleh sebab itu diperlukan kecerdasan emosional yang tinggi pada remaja agar dapat mengelola emosinya untuk mencapai kesejahteraan hidup. Kepribadian remaja perempuan dan remaja laki-laki yang berbeda dapat mempengaruhi kecerdasan emosionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat kecerdasan emosional remaja di SMAN 1 Kampar Timur; 2) mengetahui tingkat kecerdasan emosional remaja laki-laki dan perempuan di SMAN 1 Kampar Timur; 3) mengetahui perbedaan tingkatan kecerdasan emosional pada remaja laki-laki dan perempuan di SMAN 1 Kampar Timur. Metode penelitian ini yaitu deskriptif komparatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 290 yang dipilih menggunakan teknik propotionate random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket kecerdasan emosional dengan 31 item. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik independent t-test. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) kecerdasan emosional remaja secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan presentase 38.6% 2) kecerdasan emosional remaja laki-laki berada pada kategori sedang dengan presentase 37.2% dan pada remaja perempuan berada pada kategori sedang dengan presentase 35.9%; 3) tidak terdapat perbedaan kecerdasan emosional pada remaja pertengahan ditinjau dari jenis kelamin di SMAN 1 Kampar Timur dengan hasil sig=0.078 (sig. > 0.05).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

chr

Publisher

Subject

Humanities Education Neuroscience Other

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and humanities ...