Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Tematik di SDN Cibadak V Kabupaten Tangerang

Putri Raudhah Herros (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Septy Nurfadhillah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Ahmad Amarullah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2022

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang dilaksankan dalam situasi dan kondisi yang sesuai, materi pembelajaran tidak disusun dalam bentuk mata pelajaran yang terpisah, tetapi dihubungkan oleh tema-tema tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara menyeluruh dari pelaksanaan pembelajaran tematik, Serta mengetahui bagaimana kesulitan yang dialami oleh guru dalam pembelajaran tematik di SD Negeri Cibadak V Kabupaten Tangerang. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriftif. Subjek penelitian adalah guru kelas 1 hingga guru kelas 6. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Berdasarkan hasil data yang diperoleh peneliti mengenai analisis kesulitan yang dialami oleh guru dalam pembelajaran menggunakan tematik di SD Negeri Cibadak V Kabupaten Tangerang. Bahwa guru masih sering mengalami kesulitan diantaranya kurangnya media pembelajaran yang tersedia serta kurangnya guru dalam memahami materi yang ingin disampaikan pada proses pembalajaran saat itu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...