Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Penanaman Nilai-Nilai Budi Pekerti pada Siswa Kelas II di SDN Rancagong II Kabupaten Tangerang

Salsabila Rahma (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Saodah Saodah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Septy Nurfadhillah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Ahmad Arif Fadilah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Romi Ramdon Ginanjar (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru kelas IV, dan Siswa kelas IV SDN Rancagong II Tangerang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles And Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman Budi Pekerti sudah terimplementasi dengan baik, hal ini ditunjukan berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa, hambatan yang terjadi yaitu kurang nya metode yang diajarkan oleh guru, solusi yang diberikan merupakan kerja sama antara semua pihak terkait dengan lingkungan sekolah, peraturan sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...