Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon

Marlin Penina Mamuaja (Universitas Negeri Manado)
Henny Nikolin Tambingon (Universitas Negeri Manado)
Viktory Nicodemus Joufree Rotty (Universitas Negeri Manado)
Stralen Pratasik (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh dari pembelajaran daring terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan populasi sebanyak 241 orang siswa kelas VIII SMP Stella Maris Tomohon dan sampel berjumlah 50 orang yang dibagi kedalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing berisi 25 siswa. Berdasarkan data hasil post-test diperoleh thitung = 2,291< ttabel 2,011, hal ini menunjukkan bahwa tidak cukup bukti untuk menerima H0  sehingga disimpulkan bahwa  terdapat  pengaruh  yang  signifikan  antara  pembelajaran  daring terhadap hasil belajar computer dan jaringan dasar siswa kelas VIII SMP Stella Maris Tomohon

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...